Sabtu, 30 Maret 2013

C++ KONSEP TIPE DATA, OPERATOR DAN IDENTIFIER



BAB IV 


2.  PENDAHULUAN
Bab ini memiliki kompetensi dasar untuk mendefinisikan dan membedakan tipe data dasar, operator-operator dan identifier. Sebelum menyusun program yang mengolah data dan identifier, harus dikenal lebih dulu operator-operator yang digunakan. Banyak macam operator dan tipe data yang dapat digunakan dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan algoritma ataupun ketika menngunkan suatu program tertentu. Pada bab ini dikenalkan beberapa macamnya dengan notasi algoritma amaupun bahasa pemrograman.

2.  PENYAJIAN
2.1.      OPERATOR
Operator adalah notasi yang dipakai untuk melaksanakan suatu operasi terhadap data dan identifier.

Tabel Pengelompokkan Operator Beserta Penjelasannya :
JENIS OPERATOR

NOTASI

KEGUNAAN
Algoritma

 Bahasa

     C

Bahasa

C++

Negasi
-
-
-
Mengubah data angka menjadi -/+
Aritmatika
+
-
*
/
div
mod
+
-
*
/
/
%
=

+
-
*
/
/
%
=
Penjumlahan
Pengurangan
Perkalian
Pembagian
Pembagian dibulatkan
Sisa Pembagian
Pemberi nilai
JENIS OPERATOR

NOTASI

KEGUNAAN
Algoritma

 Bahasa

     C

Bahasa

C++

Relasional
=
<=

>=

<> 
==
<=            

>=            

!=         
   
==

Kurang dari
Lebih dari
Sama dengan
Kurang dari atau sama dengan
Lebih dari atau sama dengan
Tidak sama dengan
Logika
not

and

or

xor
!

&&

||

tdk ada
!

&&

||


tdk ada
Negasi terhadap nilai Boolean
Operasi And thd dua nilai Boolean
Operasi Or thd dua nilai Boolean
Operasi Xor thd dua nilai Boolean
Bit
shl
shr
sot
and

or

xor
<< 
>> 
~
&

|

^
<< 
>> 
~
&

|

^
Geser satu bit ke kiri
Geser satu bit ke kanan
Komplemen suatu bit
Operasi And terhadap dua bit
Operasi Or terhadap dua bit
Operasi Xor terhadap dua bit
Address
@
&
&
Menunjukkan alamat memori suatu variable yang menyatakan nilai yang ditunjuk oleh pointer






Penjelasan (Notasi Algoritma) :
-          Operator AND
Arg 1
Arg 2
Arg 1 AND Arg 2
True
True
False
False
True
False
True
False
True
False
False
False

-          Operator OR
Arg 1
Arg 2
Arg 1 OR Arg 2
True
True
False
False
True
False
True
False
True
True
True
False

-          Operator XOR
Arg 1
Arg 2
Arg 1 XOR Arg 2
True
True
False
False
True
False
True
False
False
True
True
False

-          Operator Eq
Arg 1
Arg 2
Arg 1 Eq Arg 2
True
True
False
False
True
False
True
False
True
False
False
True

-          Operator Not
Not True : False
Not False            : True





-          Operator Aritmatika
Operator
Keterangan
+
-
*
/
mod
div
abs
^
Penjumlahan
Pengurangan
Perkalian
Pembagiaan (riil)
Sisa hasil bagi
Pembagian (int)
Harga mutlak
Pangkat

-          Operator Relasional
Operator
Keterangan
=
<> 
>=
<=
Sama dengan
Tidak sama dengan
Lebih besar
Lebih besar sama dengan
Lebih kecil
Lebih kecil sama dengan 

-          Operator Penurunan dan Penaikan (berlaku untuk notasi C/C++)


 





-          Operasi Konstruksi
l   = menambah 1 karakter di kanan (string + char = string)
o       = menambah 1 karakter di kiri (char +string = string)
&      = menggabungkan 2 buah string (string + string = string)
Contoh :
“taman” & “berawan”  hasil “tamanbermain”
“saya” o “p”  hasil “sayap”

2.2.      IDENTIFIER
Identifier adalah sesuatu yang dipakai sebagai nama pengenal dari :
Ø  Tempat penyimpanan suatu data
Dalam beberapa bahasa pemrograman, nama tempat penyimpanan suatu data yang sifatnya sementara di RAM disebut variable jika isinya dapat berubah dalam kisaran tertentu, namun disebut konstanta jika isinya selalu tetap.
Nama tempat penyimpanan data di storage di sebut file, dan sifatnya menetap.
Ø  Fungsi, untuk memanggil fungsi tersebut dan meminta nilai hasilnya.
Ø  Prosedur, untuk memanggil fungsi prosedur tersebut.
Ø  Modul program, untuk melakukan include nama modul tersebut ke suatu program.
Ø  Algoritma
Ø  Dan sebagainya

2.3.      TIPE
Tipe data pada sebuah objek merupakan himpunan nilai yang dapat dimilikinya dan operasi yang dapat dilakukan pada objek tersebut. Nilai-nilai yang dicakup oleh tipe tersebut dinyatakan di dalam ranah (domain) nilai. Objek data dasar yang dimanipulasi di dalam program dapat berupa peubah (variable) dan konstanta (constant).
Tipe data dapat dikelompokkan menjadi dua macam yaitu :
1.    Tipe Dasar
Adalah tipe yang dapat langsung dipakai.
2.    Tipe Terstruktur
Adalah tipe yang berbentuk record yang disusun oleh satu atau lebih field. Tiap field menyimpan tipe dasar tertentu atau dari tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya, misal Array (larik), Record, Set (himpunan) dan File (Arsip) .
3.    Tipe Bentukan
Adalah tipe yang dibentuk dari tipe dasar dan tipe data terstruktur atau tipe bentukan lain yang sudah didefinisikan sebelumnya. Contoh tipe ini yaitu tipe data non standar (Subrange, terilang/Enumerasi) dan tipe data abstrak (Link list, Stack, Queue dan Tree) (dipelajari pada mata kuliah stuktur data).

TABEL PENGELOMPOKKAN TIPE DATA DASAR BESERTA PENJELASANNYA (Notasi Algoritma)
Tipe
Karakteristik
Contoh
Keterangan
Nama
Domain
Konstanta
Operator yang digunakan
Hasil
Boolean
Boolean
True dan false
True False
.T.     .F.
 y        n
Operasi logic (And, Or, Not, Xor, Eq, NEq)

Boolean
True And True   hasil True
True Xor True    hasil True

Numerik
Integer (bulat)
Semua data yang berisi bilingan bulat
0,-25,100
Aritmatika    (+,-,*,/,Mod, Div, Abs)
Relasional (==,<>,³, >=, <, <=)
Integer



Boolean
1 * 8            hasil 8
10 Div 4       hasil 2
13 Mod 3     hasil 1
Ciri bilangan integer memiliki ketentuan
Contoh :
suksessor  x  = x+1
Prodessor  x  = x-1
Suksessor 10 adl 11
Prodessor –5 adl -6
Numerik
Riil (pecahan)
Semua data yang berisi bilangan pecahan
1, 5.2, 100, 0.1
Aritmatika    (+,-,*,/,^)
Relasional (<>,>,>=,<,<=)

Riil

Boolean
9.6 / 2    hasil 4,8
2 * 1,5   hasil 3,0

AlphaNumerik
Karakter / char
Semua data berupa karakter

“d”, “g”, “%”, “!”
Relasional
Boolean
“d” > ”e”      hasil True
“7” <> ”b”    hasil True

Tipe
Karakteristik
Contoh
Keterangan
Nama
Domain
Konstanta
Operator yang digunakan
Hasil
AlphaNumerik
String
Kumpulan char yang ada pada domain char
“saya”
“2005”
Relasional
Boolean
“saya” == “aku”  hasil False
“t” o ”aman”        hasil “taman”
Dapat juga digunakan operasi konstruksi untuk memanipulasi datanya
Pointer
Pointer





Digunakan untuk menyimpan alamat memori


3. PENUTUP
4.    Jika A=10 , B=20 dan C=10, apa hasil dari :
a. P ß (A>B) and (A==C)     
b. Q ß not (not(A<=B))
5. Tuliskan dalam notasi algoritma dan  bahasa C++ :
           a.  D = b2 + 4ac
           b.  c =
 
Latihan
  1. Sebutkan beberapa macam tipe data ?
  2. Apa yang dimaksud dengan variabel ?
  3. Apa hasilnya dan translasikan ke bahasa C++ :
    1. X ß 10 + 2 * 5 – 1        
    2. Y ß 10 / 2 * (5 – 1)
Z ß ( 7 m

0 komentar:

Posting Komentar